Minggu, 23 Oktober 2011

Manchester United adalah Klub Dengan Nilai Tertinggi di Dunia

Selain menjadi pemimpin klasemen sementara Liga Premier Inggris, Manchester United ternyata juga berhasil menempati ranking teratas sebagai klub paling berharga di dunia versi daftar terbaru yang dirilis Majalah Forbes.

Klub besutan Alex Ferguson tersebut melewati sesama klub EPL lainnya seperti Arsenal, Chelsea dan Liverpool.
Manchester United, yang dimiliki oleh keluarga Glazer, bernilai 1,86 milyar US Dollar, angka tersebut melampaui nilai raksasa Spanyol Real Madrid yang berada di posisi kedua yaitu 1,4 milyar US Dollar, sementara diposisi ketiga diisi oleh Arsenal dengan nilai 1,19 milyar US Dollar.
Klub Chelsea yang dimiliki Roman Abramovich ternyata hanya berada di posisi ketujuh sementara Liverpool yang baru saja berganti pemilik berada di posisi kesembilan. Nilai rata-rata 20 klub teratas dalam daftar tersebut mengalami peningkatan sebesay 640 juta US Dollar, sementara pendapatan operasional tumbuh sebesar 25% yang rata-ratanya menjadi 40 juta US Dollar.
United berhasil meningkatkan pendapatan komersialnya sebesar 122 juta US Dollar dari kesepakatan baru yang terjalin dengan perusahaan maskapai penerbangan Turkish Airlines, Betfair dan beberapa perusahaan telekomunikasi. Klub berjuluk Setan Merah ini juga berhasil memperkuat brand mereka dengan mengumpulkan 333 juta penggemar yang tersebar di seluruh dunia dan lebih dari 12 juta fans di akun Facebook.
Di samping keberhasilannya menempati posisi teratas sebagai klub dengan nilai tertinggi, ternyata klub-klub Inggris tersebut juga menempati empat dari 10 tempat teratas sebagai klub yang mengalami kerugian terbesar. United, Chelsea dan Arsenal, semua gagal membuat keuntungan ke dalam rekening mereka. Manchester United bahkan mencatatkan rekor kerugian terbesar dalam setahun pada akhir Juni 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar